Cara Menghilangkan Komedo tanpa Dipencet

perasan air jeruk

Komedo adalah salah satu jerawat yang berisi minyak yang biasanya menyerang pada bagian hidung, wajah dan lain sebagainya. Tak hanya seorang perempuan, seorang laki-laki pun dapat saja mengalami pertumbuhan komedo. Diantaranya yakni komedo hitam dan putih yang masing-masing tersebut merupakan salah satu jenis jerawat non-inflamasi. Maka dari itu cara menghilangkan komedo pun harus ditangani dengan tepat.

Cara menghilangkan komedo haruslah tanpa dipencet. Sebisa mungkin usahakan untuk mencegah memencetnya. Anda bisa melakukan perawatan harian secara konsisten untuk menjaga kebersihan kulit tersebut. Sayangnya cara menghilangkan komedo baik yang putih maupun yang hitam tidak bisa hanya dengan mencuci muka saja ataupun menggunakan susu pembersih. Lalu bagaimana yang harus dilakukan? Simak cara menghilangkan komedo lebih lengkap berikut.

Cara Menghilangkan Komedo tanpa Dipencet
Cara menghilangkan komedo dengan memencet justru akan menambah masalah baru. Seperti timbulnya peradangan, kulit yang menjadi kemerahan hingga mendapati luka terbuka. Kalau sudah seperti itu maka tentu akan mengundang datangnya bakteri. Berikut cara menghilangkan komedo tanpa dipencet :

1. Mengukus wajah
Cara menghilangkan komedo yang pertama adalah dengan memberikan uap pada kulit yang terserang komedo. Mulai dengan menempatkan 1 mangkuk yang berisi air panas pada permukaan atau wadah yang rata.
Bersandarlah dengan mendekatkan wajah kepada wadah tersebut. Kemudian jangan lupa untuk menutup kepala dan rambut dengan handuk. Lakukan penguapan pada wajah sekitar 5 hingga 8 menit saja. Kalau sudah tepuk-tepuk wajah secara lembut sampai kering. Lakukan minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menggunakan cuka sari apel
Cara menghilangkan komedo selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai cuka sari apel. Cuka ini memiliki kandungan antiseptik alami yang bisa membantu mengatasi masalah komedo. Anda bisa menambahkan 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam air dan aduklah hingga merata. Lalu rendam bola kapas pada air tersebut. Kemudian oleskan merata ke seluruh wajah khususnya yang terdapat komedonya. Lalu biarkan saja hingga 10 menit dan selanjutnya bilas hingga bersih.

3. Menggunakan perasan air jeruk
Air jeruk secara alami mengandung alpha hydroxyl acids yang bermanfaat untuk membuang sel kulit mati serta membuka pori wajah yang tertutup. Cara menghilangkan komedo yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampurkan perasan air jeruk kedalam air putih biasa. Adapun takarannya adalah 2 hingga 4 sendok makan air biasa dan 1 sampai 2 sendok makan atau lebih gampangnya adalah dua kali lipatnya dengan jumlah perasan air jeruk tersebut.

Langkah selanjutnya adalah menuangkan bola kapas ke dalam air tersebut. Setelah itu oleskan pada daerah yang terkena komedo dengan hati-hati. Kemudian lakukan cara ini sebaiknya hanya pada malam hari agar terhindar dari sinar matahari yang bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif. Barulah dipagi harinya cuci muka dengan bersih.

Anda hanya perlu menggunakannya sekali dalam sehari saja jangan sampai lebih karena dapat mengiritasi kulit.
Nah ketiga cara diatas bisa Anda lakukan tanpa harus memencet komedo karena hanya akan menambah masalah baru. Jangan lupa pilihlah cara menghilangkan komedo yang cocok dengan kulit Anda.

Related Post