Ini Dia Alasan Mengapa Memencet Jerawat Sangat Berbahaya

cara menghilangkan jerawat

Sering kali di masa pubertas banyak pria dan wanita yang memiliki keluhan seputar jerawat. Namun hal ini memang sesuatu yang wajar sebab adaya perubahan hormonal dalam tubuh. Sayangnya, hal ini dianggap sebagai masalah besar bagi sebagian remaja, sehingga memencet jerawat sering kali dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat yang mudah dan cepat. Dengan memencet jerawat, maka benjolan yang menjengkelkan tersebut akan langsung hilang.

Tahukah Kamu hal ini sangat berbahaya?
Tindakan memencet jerawat yang dianggap sebagai cara menghilangkan jerawat memang sangat berbahaya. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit yang sangat parah. Salah satu permasalahan yang muncul ketika Kamu memencet jerawat adalah iritasi kulit.
Permasalahan ini ditandai dengan adanya permukaan kulit yang kemerahan dan timbul rasa perih. Tidak hanya itu saja, iritasi dalam jangka panjang akan menyebabkan rasa gatal hingga luka pada kulit tersebut. Tentunya, Kamu tidak menginginkan hal ini, bukan?

Selain iritasi, kulit Kamu akan infeksi
Memang diakui banyak orang jika cara menghilangkan jerawat dengan memencetnya bisa menyebabkan infeksi. Hal ini memang benar adanya, sebab tangan yang kita gunakan untuk memencet tidak selamanya bersih dan sering kali mengandung bakteri.
Ketika bakteri tersebut masuk ke dalam pori-pori, maka hal ini akan menyebabkan infeksi yang ditandai dengan munculnya berbagai permasalahan kulit baru. Oleh sebab itu, cara menghilangkan jerawat yang demikian ini sangat tidak dianjurkan.

Dalam kondisi parah, jerawat bisa tumbuh lebih banyak
Mengerikan bukan? Jika Kamu tetap melakukan cara menghilangkan jerawat dengan memencetnya, maka sudah bisa dipastikan jika jerawat tersebut nantinya akan menyebar ke permukaan kulit lainnya.
Mengapa demikian? Pasalnya ada persebaran bakteri penyebab jerawat yang menjadikan tumbuhnya jerawat baru. Tentunya, hal yang demikian ini akan memperburuk penampilan Kamu untuk bisa tampil di muka umum.

Pendarahan yang tidak diinginkan akan lebih sering terjadi
Jerawat merupakan benjolan pada permukaan kulit yang di dalamnya mengandung darah kotor serta nanah. Tentunya, jika cara menghilangkan jerawat yang Kamu lakukan dengan memencetnya, maka sungguh suatu hal yang mungkin jika Kamu akan mengalami pendarahan pada permukaan kulit.
Pasalnya, setelah Kamu memencetnya, maka kotoran dalam darah tersebut akan keluar dan sering kali menimbulkan bau yang tidak sedap. Dalam kondisi yang tidak steril, hal ini bisa dijadikan sebagai jalan masuknya kuman.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat yang aman?
Untuk mengatasi permasalahan jerawat, Kamu bisa menggunakan bahan alami yang aman seperti halnya buah alpukat, lemon yang dicampur dengan madu. Melalui cara ini serta menghindarkan cara menghilangkan jerawat dengan memencetnya akan mengurangi resiko atas efek samping yang tersebut di atas. Jadi, katakan tidak pada memencet jerawat atau Kamu akan merasakan akibatnya!

 

Related Post