Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Cara menghilangkan komedo sangat mudah, namun perlu dilakukan secara rutin agar pembersihannya efektif. Meski komedo merupakan masalah kulit wajah yang kerap dianggap sepele, namun sangat mengganggu penampilan khususnya pada wanita. Komedo dapat mengganggu penampilan apabila komedo yang muncul berwarna hitam sehingga terlihat bagai duri landak. Selain itu komedo juga akan membuat pori-pori sekitaran hidung melebar, sehingga komedo yang membandel kerap muncul lagi setelah dibersihkan.

Cara menghilangkan komedo sangat mudah, namun perlu dilakukan secara rutin agar pembersihannya efektif. Meski komedo merupakan masalah kulit wajah yang kerap dianggap sepele, namun sangat mengganggu penampilan khususnya pada wanita. Komedo dapat mengganggu penampilan apabila komedo yang muncul berwarna hitam sehingga terlihat bagai duri landak. Selain itu komedo juga akan membuat pori-pori sekitaran hidung melebar, sehingga komedo yang membandel kerap muncul lagi setelah dibersihkan.

Penyebab munculnya komedo
Banyak faktor yang menyebabkan komedo terus tumbuh di permukaan wajah khususnya bagian hidung. Sebelum lanjut membahas cara menghilangkan komedo dengan cepat, ada baiknya kita mengetahui apa penyebab komedo terus datang kembali, antara lain:

Terlalu sering makan makanan berminyak
Makan makanan berminyak tidak hanya berdampak buruk bagi tubuh kita, akan tetapi juga dapat memperburuk kondisi kulit. Makanan berminyak atau makanan yang digoreng biasanya memiliki kadar minyak jenuh yang tinggi. Minyak jenuh ini tidak dapat dengan langsung dproses pengeluarannya oleh tubuh, sehingga kerap mengendap dan menimbulkan beberapa penyakit atau hal negatif pada kulit, salah satunya adalah munculnya komedo.

Wajah kotor yang tidak dibersihkan
Sering kali kita merasa lelah setelah seharian beraktifitas sehingga menyebabkan kita melupakan hal sepele seperti cuci muka. Padahal mencuci muka adalah hal yang wajib kita lakukan sebelum pergi tidur. Tidur dengan wajah kotor akibat debu yang menempel saat kita dalam perjalanan serta riasan wajah yang tidak dibersihkan akan menyebabkan kotoran mengendap dan menjadi sumber timbulnya komedo. Oleh karena itu sebaiknya kita sempatkan mencuci muka sebelum tidur untuk mencegah kedatangan komedo di wajah.

Asap rokok
Merokok bukan hanya membahayakan paru-paru, tetapi juga kesehatan wajah. Terlebih lagi sebagai perokok pasif atau orang yang mencium bau atau terkena asap rokok juga akan mengalami dampak yang sama. Asap rokok yang mengandung partikel kecil yang membahayakan penghirup atau orang yang ada disekitarnya bukan hanya akan mengganggu kesehatan paru-paru, tetapi juga akan menyebabkan kulit mengalami penuaan dini dan timbul masalah lain seperti komedo dan jerawat.

Stress
Stress atau banyaknya pikiran dapat menyebabkan diri anda menjadi sulit mengatur pola hidup, mulai dari asupan makanan yang buruk, pola tidur yang kurang baik dan pertumbuhan hormon tertentu yang disebabkan oleh banyaknya pikiran. Stress juga dapat membuat seseorang malas dalam merawat tubuh dan wajah, sehingga cenderung cuek. Hal ini yang menyebabkan wajah akan terlihat kusam, lelah, timbul jerawat dan komedo.

Kurang konsumsi air putih
Air putih tentunya baik untuk tubuh, kekurangan cairan akan membuat tubuh menjadi dehidrasi dan gampang kusam. Selain itu kelembaban kulit akan menghilang apabila tubuh kekurangan cairan. Masalah yang akan ditimbulkanpun beragam, mulai dari kekusaman kulit, jerawat, komedo dan lainnya. Oleh sebab itu konsumsilah air putih minimal 8 gelas perhari untul menggantikan cairan yang hilang akibat beraktifitas dan mencegah diri dari dehidrasi.

Hormon tidak stabil
Kandungan hormon yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Ada pula sebagian orang yang keseimbangan hormonnya kurang baik. Adanya kandungan hormon testosteron yang tinggi akan menyebabkan kelenjar sebaceous meningkatkan produksi sebum atau minyak berlebih pada wajah. Kelebihan minyak ini akan menyebabkan terjadinya jerawat. Sebaiknya juga konsumsi kafein berlebihan perlu diperhatikan, karena kafein akan menyebabkan hormon testosteron meningkat dan memperbesar peluang timbulnya jerawat serta komedo akibat produksi minyak berlebihan.

Cara menghilangkan komedo dengan cepat
Lidah Buaya
Gel lidah buaya dapat dipakai untuk mengurangi kekurangan minyak berlebih pada kulit. Selain itu gel lidah buaya juga memiliki antioksidan yang dapat meremajakan kulit. Untuk perawatan menghilangkan komedo hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya kebagian yang berkomedo selala 20 hingga 30 menit lalu dibilas sampai bersih.

Jeruk nipis
Kandungan asam pada jeruk nipis dapat menjadi bahan penghilang komedo membandel yang efektif. Jeruk nipis dapat menyerap minyak berlebih penyebab komedo yang ada pada kulit. Cara pengaplikasiannya pun mudah yakni dengan mengoleskan perasan jeruk nipis ke bagian yang berkomedo, sehingga komedo kabur seketika.

Putih telur
Putih telur yang bersifat dapat merekatkan memiliki banyak menfaat juga untuk kulit. Dengan putih telur dan ditutup dengan kertas tisu mampu mengangkat komedo dengan seketika. Tidak heran putih telur kerap disebut sangat ampuh sebagai cara menghilangkan komedo.

Baca juga: Manfaat Putih Telur untuk Menghilangkan Komedo yang Efektif

Related Post